Breaking News

Diduga Kades Pasirmukti Telagasari Pangkas Dana Desa TA 2023/ 2024

Karawang- Majalahkriptantus.com.Proyek diduga dari anggaran Dana Desa Tanpa Ada Papan Informasi, diantaranya, Lumbung padi, pengerasan jalan lingkungan (Jaling), penurapan drainase di wilayah Desa Pasirmukti Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang Jawa Barat, diduga Tidak Sesuai Spesifikasi, tabrak UU KIP, serta Pihak Pemdes Lakukan siasat licik.
Sesuai dengan undang-undang penggunaan dana desa (Dd) harus ada transparansi secara terbuka kepada Publik. Namun, masih dijumpai Desa yang tidak mematuhi dan melaksanakan ketentuan itu, tidak menginformasikan keterbukaan soal penggunaanya. 

Informasi yang dihimpun Majalahkriptantus.com dari pekerja, salah satu bangunan turap Dusun Krajan  Rt04/01 yang di bangun tahun lalu, tapi belum kelar,saat ini dikerjakan berbarengan dengan penurapan bangunan baru. Pekerjaan penurapan sudah berjalan 4 hari, diduga asal jadi, sebagian penurapan di kerjakan nyebrang tahun dan tabrak UU KIP, dan tanpa pengawasan dari Dinas terkait. 

Untuk kelengkapan informasi awak media coba kontak Sekdes Desa Pasirmukti melalui WhatsApp, dengan jawaban singkat Sekdes mengatakan," 
🙏🏻🙏🏻 kedap pak abdi na nuju di jalan lagi ngurusin tanah sama bank BTN. Coba bapak konfirmasi dl ke pak Lurah pak," ujar nya.  Tapi saat awak media minta no kontak kades Pasirmukti, Sekdes diam. Rabu 27/03/24

Sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap bangunan fisik yang dibiayai oleh Negara wajib memasang papan nama proyek. 

Proyek yang dikerjakan tanpa memasang papan nama diduga indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggarannya. 

Harusnya Dinas terkait seperti BPD, PMD,DPMD serta  Leading Sector yang kompeten di dalamnya, tidak melakukan pembiaran akan hal tersebut dan terkesan lemah dalam pengawasan. 

Diduga pihak Pemdes Pasirmukti lakukan tindak korupsi, dengan salah satunya pembangunan Turap Drainase nyebrang tahun, lumbung padi dan Jaling tak diketahui publik sumber dana nya.

Hingga berita ini terpublikasi Kades Pasirmukti belum bisa di temui untuk konfirmasi terkait beberapa pembangunan yang sedang di realisasi.
(Tim)

Tidak ada komentar