Breaking News

Jelang Panen Padi Desa Jengkok Blok Pondok Asem Kab Indramayu, Gelar Doa Bersama Di Balai Dusun



indramayu, majalahkriptantus.com || Mapag Sri adalah salah satu adat/budaya masyarakat Indonesia khususnya Jawa dan Sunda yang dilaksanakan untuk menyambut datangnya panen raya sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.

Mapag Sri apabila ditilik dari bahasa Jawa halus mengandung arti menjemput padi. Dalam bahasa Jawa halus, mapag berarti menjemput, sedangkan sri dimaksudkan sebagai padi. Maksud dari menjemput padi adalah panen. Mapag Sri dilaksanakan dengan maksud sebagai ungkapan rasa syukur para petani kepada Tuhan Yang Mahaesa karena panen yang diharapkan telah tiba dengan hasil yang memuaskan.

Hal itu terlihat di Desa Jengkok blok pondok asem Kecamatan kertasemaya Kabupaten Indramayu yang menggelar kegiatan adat mapag sri yang dihadiri secara langsung oleh kuwu desa jengkok Ramidi, juga hadir dari dinas UPTD pertanian wawan rusmana, babinkamtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta lembaga desa lainya, Kegiatan ini diawali dengan doa bersama dilanjutkan dengan makan bersama, dan tradisi hiburan untuk warga masyarakatnya diadakanya pegelaran wayang kulit siang hingga malam di depan balai dusun pondok asem.

kami mewakili masyarakat desa jengkok khususnya dusun pondok asem, dengan adanya acara mapag sri ini tiada lain hanya rasa syukur kepada yang maha memiliki," katanya iib.

dengan sesui visi misi kuwu desa jengkok tentunya, pesta panen mapag sri sudah di jalankan selama kepemimpinan beliau kuwu ramidi, walau di tahun tahun sebelumnya terhenti selama 30 tahun, insa alloh di tahun yang akan datang untuk terus di laksanakan khususnya dusun pondok asem desa jengkok pungkasnya," kepala dusun ipyani.


(turah)

Tidak ada komentar