Dinas Kominfo Binjai Bersama Dengan USAID IUWASH Tangguh Sumut Gelar Pelatihan Implementasi Panduan Teknis Operator SP4N LAPOR - majalahkriptantus.com - Transparan Tapi Tidak Telanjang

Breaking News

Dinas Kominfo Binjai Bersama Dengan USAID IUWASH Tangguh Sumut Gelar Pelatihan Implementasi Panduan Teknis Operator SP4N LAPOR


Binjai-Majalah Kriptantus.com.Mewakili Kadis Komunikasi dan Informatika Kota Binjai, Sekretaris Dinas Kominfo Elza Yori membuka Pelatihan Implementasi Panduan Teknis Operator SP4N LAPOR Sektor Air Minum, Sanitasi, dan Pengelola Sumber Daya Air Kota Binjai, di Aula Dinas Kesehatan Kota Binjai, Jl. lkan Hiu No. 59 Kel. Timbang Langkat Kec. Binjai Timur, Rabu (26/06/2024). 

Kegiatan ini difasilitasi oleh USAID IUWASH Tangguh Sumatera Utara, yang diawali dengan presentasi dari Perwakilan Direktorat SUPD II, Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Marzidi, yang dilakukan secara daring, serta dilanjutkan dengan pemaparan Aplikasi SP4N LAPOR terkait capaian, hambatan dan tantangan di Kota Binjai oleh Hendra Januar S.Sos selaku Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kota Binjai.

Dalam hal ini, Hendra Januar menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Binjai telah menjalankan aplikasi Pengaduan SP4N LAPOR sejak tanggal 17 Desember 2019. Adapun pada tahun 2022 laporan yang masuk sebanyak 20 laporan, tahun 2023 Sebanyak 39 laporan dan tahun 2024 sebanyak 7 laporan. 

Lebih lanjut lagi, Hendra mengatakan saat ini Kota Binjai menduduki peringkat kedua untuk Kategori Kota Terbaik se-Sumatera Utara dalam hal penyelesaian laporan, dan keluhan dari masyarakat yang masuk melalui aplikasi SP4N LAPOR.

"Saya berharap kita selalu berkolaborasi dan berkoordinasi antar stakeholder. Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, namun juga harus didukung oleh OPD terkait. Kita upayakan yang terbaik untuk Kota Binjai, karena Dinas Kominfo selaku admin utama selalu memonitoring laporan yang masuk setiap harinya," ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga diperkuat dengan adanya simulasi mengenai tata cara penggunaan aplikasi SP4N LAPOR dengan topik "Menerima dan Memilah Pengaduan Khusus Sanitasi Air Minum, Sumber Daya Air dan Drainase" yang dipandu oleh Admin Utama atau Operator SP4N-Lapor Kota Binjai, yaitu Fifi Handayani, S.Kom dan Ahmad Isa Karosekali, S.Kom.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 26 Juni - 27 Juni 2024 dan akan ditutup dengan kunjungan ke lokasi hotspot USAID IUWASH Tangguh di Kelurahan Timbang Langkat, dan Kelurahan Sumber Mulyo Rejo Kecamatan Binjai Timur dengan topik "Survey Masalah Sanitasi, Air Minum dan Sumber Daya Air/Drainase" yang akan dilaporkan melalui Aplikasi SP4N LAPOR.


Turut hadir dalam acara ini Tim USAID IUWASH Tangguh Nasional Togi Tua Sianipar selaku NC Governance Specialist, Muhammad Rezeki Sitorus selaku Governance Specialise NSRO, Imam Munandar selaku City Facilitator USAID IUWASH Tangguh Sumatera Utara beserta tim, dan perwakilan dari OPD terkait.




                  (SuDharTar)

Tidak ada komentar