Breaking News

Anggota KPU Sumut Tinjau Seleksi PPK Kota Binjai

Binjai-Majalahkriptantus.com--Seleksi tertulis Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 se-Sumatera Utara diikuti sebanyak 9.172 peserta. 
Tahapan ini dilaksanakan oleh 33 satuan kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota se-Sumatera Utara, mulai 06 hingga 08 Mei 2024 mendatang.


“Untuk seluruh Sumut, total yang mendaftar melalui Aplikasi Siakba ada 11.312 peserta. Namun yang lulus hasil seleksi administrasi ada 9.712 peserta. Mereka ini yang sekarang mengikuti seleksi tertulis,”ungkap Anggota KPU Sumatera Utara, yang juga Koordinator Divisi SDM, Robby Effendy Hutagalung, saat meninjau pelaksanaan seleksi tertulis dengan sistem CAT terhadap 154 peserta Calon Anggota PPK Pilkada 2024 se-Kota Binjai di Gedung STMIK Kaputama, Kota Binjai, Senin (06/05/2024) pagi.

Dikatakan Robby, seleksi tertulis merupakan tahapan ketiga dalam proses seleksi Calon PPK Pilkada 2024, setelah tahapan pendaftaran dan seleksi administrasi. 
Seleksi tertulis sendiri dilaksanakan serentak oleh seluruh satuan kerja KPU kabupaten/kota se-Indonesia, dengan memberdayakan sekolah, kampus, dan tempat-tempat dengan fasilitas tertentu sebagai lokasi ujian.

Akan tetapi menurut mantan Anggota KPU Kota Binjai tersebut, dari 33 kabupaten/kota se-Sumatera Utara yang melaksanakan seleksi tertulis calon anggota PPK Pilkada 2024, hanya Kabupaten Nias Barat yang tidak menerapkan ujian sistem CAT. Hal ini disebabkan adanya keterbatasan jaringan internet. Sehingga seleksi tertulis dilakukan secara konvensional.

“Setelah mengikuti seleksi tertulis, nantinya 15 besar peserta peraih nilai tertinggi dari setiap kecamatan yang akan berlanjut mengikuti seleksi wawancara. Tahapan ini dilaksanakan paling lama tiga hari setelah seleksi tertulis,”ujar Robby.

Jika seluruh proses seleksi telah dilalui, maka masing-masing satuan kerja KPU kabupaten/kota se-Sumatera Utara akan menetapkan 5 anggota PPK terpilih dari setiap kecamatan. Sehingga secara keseluruhan akan ada sebanyak 2.275 anggota PPK Pilkada 2024 yang bertugas di 33 kabupaten/kota se-Sumatera Utara.

“Alhamdulillah, dari pantauan dan komunikasi dengan semua Anggota KPU Sumut, pelaksanaan seleksi tertulis calon PPK di 33 kabupaten/kota pada hari ini berjalan dengan lancar,”terang Robby.

Sementara itu, Anggota KPU Kota Binjai, yang juga Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Sumber Daya Manusia (SDM), dan Partisipasi Masyarakat, Arie Nurwanto, menyebutkan seleksi tertulis Calon Anggota PPK Pilkada 2024 se-Kota Binjai diikuti sebanyak 154 peserta dari total pendaftar sebanyak 159 orang.

“Untuk seleksi tertulis Calon Anggota PPK di Kota Binjai, kita selesaikan tahapan ini dalam satu hari, yang dibagi pada tiga sesi. Dimana setiap sesi diberikan waktu selama 90 menit,”ucap Arie.

Selanjutnya Beliau menjelaskan bahwa sebanyak 25 anggota PPK Pilkada 2024 se-Kota Binjai akan ditetapkan pada 16 Mei 2024. 




                (SuDharTar)

Tidak ada komentar