Breaking News

Masuk Tiga Besar, Desa Cikawung Kecamatan Terisi Makin Optimis Jadi Desa Terbaik di Jawa Barat

Majalahkriptantus.com
Tim Penilai melakukan klarifikasi lapangan pada penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 terhadap Desa Cikawung Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu, Selasa (25/6/2024).

Desa Cikawung menjadi desa terbaik di Kabupaten Indramayu pada tahun 2024. Atas prestasinya tersebut, desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sumedang dan Majalengka itu mewakili Kabupaten Indramayu pada lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat.

Setelah melalui berbagai tahapan, Desa Cikawung saat ini sudah berada pada posisi 3 terbaik di Provinsi Jawa Barat. Desa yang dipimpin Kuwu Sept Rahayu tersebut harus bersaing dengan 2 desa terbaik lainnya.

Desa Cikawung optimistis dapat meraih prestasi terbaik pada Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 ini.

Lomba Desa dan Kelurahan terbaik ini sekaligus menjadi evaluasi pembinaan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang dapat diukur sedemikian rupa, bukan hanya dari satu aspek. Serta yang didukung oleh seluruh elemen bukan hanya oleh Kepala Desanya.

Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Indramayu Jajang Sudrajat menyampaikan apresiasi kepada Pemdes Cikawung yang telah melakukan sinergi sehingga mampu melaksanakan pengelolaan penyelenggaraan pemerintahan esanya secara baik, profesional, efesien dan efektif, terbuka serta bertanggung jawab.

Harapannya, dengan kunjungan tersebut semakin tumbuh semangat untuk semua pihak agar bersungguh-sungguh dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintah desa terbaik sehingga menjadi salah satu desa terbaik di Provinsi Jawa Barat.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan menjadikan Desa Cikawung juara dalam Lomba Desa Terbaik di Provinsi Jawa Barat,” ucapnya dalam menyampaikan amanat Bupati Indramayu.

Sementara itu, perwakilan tim klarifikasi lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat, Bayu Rahmana dalam paparan teknisnya menyampaikan dalam kesempatan tersebut dilakukan tinjau lapangan atas apa yang sudah disampaikan oleh Kepala Desa Cikawung. Peninjauan dilakukan untuk membuktikan kebenaran dan validasi atas hal-hal yang disampaikan dalam paparan inovasi oleh Kepala Desa sebelumnya.

Kemudian, Bayu menjelaskan satu indikator yang menjadi penilaian adalah terobosan atau inovasi yang dilakukan oleh Kepala Desa atau Kuwu dalam meningkatkan pelayanan publik dalam aspek pemerintahan, kemasyarakatan, dan kebudayaan.

“Terkait seluruh inovasi akan kami klarifikasi. Tolong sampaikan secara jelas penyelenggaraan yang ada di desa ini secara detail. Kami mencari hasil yang positif, Desa terbaik juara 1 akan mewakili Jawa Barat di Tingkat Nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Kuwu Cikawung, Sept Rahayu dalam paparan inovasinya yang bertema “Wujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa yang Berkualitas” menyampaikan tidak akan ada inovasi dan hal baik yang dihasilkan apabila tidak ada bantuan dan dorongan dari Dinas terkait serta kekompakan dari masyarakat Desa Cikawung.

“Pemkab Indramayu memberi kepercayaan kepada Desa Cikawung untuk maju mengikuti lomba ini, maka dari itu kami optimis dan tunjukkan semua yang terbaik,” pungkasnya.

Diketahui, dalam melayani masyarakat, desa yang jauh dari kota tersebut sudah bisa menerapkan pelayanan digitalisasi hampir 90%. Diharapkan bisa menjadi contoh untuk desa-desa lain yang ada di Kabupaten Indramayu.
(Misno)

Tidak ada komentar