Breaking News

Gelar pentas seni budaya sunda, Lingkung Seni Sunda Mekar Asih tuai dukungan dari pemerintah, Kades: Kami dukung!

MAJALAHKRIPTANTUS.COM, Cianjur - Nama nusantara yang dikenal dunia tidak akan terlepas dari sebuah budaya yang melekat didalamnya, hal itu tercermin didalam wajah nusantara yang memiliki ragam budaya, mulai dari sabang hingga merauke. 

Dalam merevitalisasi dan menjaga nilai-nilai budaya nusantara khususnya budaya sunda (jawa barat)  lembaga kesenian Lingkung Seni Sunda Mekar Asih Ciranjang Cianjur menggelar pentas seni budaya pada minggu(5/3/23).

Dari pantauan awak media Lingkung Seni Sunda Mekar Asih adalah sebuah Lembaga yang melestarikan kesenian-kesenian budaya sunda yang independent yang berlokasi di Jl.  Jatinunggal Rt 02, Rw 04 Ds.  Sindangjaya,  Kec.  Ciranjang,  Kab.  Cianjur - Jawa Barat.  Sanggar ini berdiri untuk merevitalisasi nilai-nilai luhur budaya sunda yang diwariskan oleh nenek moyang sejak awal mula budaya ini ada.

Dalam kegiatan pentas seni ini turut dihadiri oleh berbagai lembaga lain yang juga berkecibung didalam melestarikan nilai-nilai budaya sunda diantaranya: Yayasan Paguyuban Cikahuripan Nusantara, Perguruan Pencak Silat dan beberapa lembaga kesenian lain yang berada dilingkungan sekitar.

Acara ini sukses dilaksanakan, itu tidak lepas dari berbagai penampilan yang memukau dari Calung,  Reog,  Pencaksilat,  Jaipong, Degung,  dan penampilan lainnya.  
Kegiatan yang digelar oleh Lingkung Seni Sunda Mekar Asih ini juga turut dapat dukungan dari warga sekitar dan kepala desa sindangjaya, Juandi yang juga hadir diacara tersebut. 

Saat ditemui awak media, Juandi mengatakan "saya selaku pemerintahan desa sindangjaya mendukung dengan adanya Kegiatan yang di gelar oleh Lingkung Seni Sunda Mekar Asih ini yang turut mengembangkan budaya sunda".

Sambung pengurus Lingkung Seni Sunda Mekar Asih, Fiki mengatakan "Pemerintahan Kepala desa sindangjaya seratus persen mendukung kegiatan seni yang ada dilingkungan Jatinunggal", "mungkin bisa saja pemerintah turut mendukung ke tingkat daerah atau provinsi mungkin bahwa di daerah kita sudah ada Lingkung Seni Sunda Mekar Asih dimana didalamnya akan mengadakan pelatihan-pelatihan kesenian diantaranya: Calung,  Reog dan lain sebagainya". Tuturnya (5/3/23).
 
Lebih lanjut Fiki mengatakan "Kedepannya kita bisa bersama-sama untuk melatih generasi dalam dunia akting,  calung,  jaipong,  tarian merak,  dll.  Demikian agar ini bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk kemajuan kesenian dan terus menjadi berkat", silahkan untuk warga yang mau ikut berlatih dalam kegiatan tersebut khususnya dilingkungan desa sindangjaya. Sunda nanjeur sunda mangkalangan!" tutup Fiki. Minggu (5/3/23)


Jurnalis : Karso Rizal S
Editor : Asep Supriana N

Tidak ada komentar